SEJARAH


                                                           NAMA LAIN  SEJARAH
1. History
  History (from Greek ἱστορία - historia, meaning "inquiry, knowledge acquired by investigation"), History is the study of the human past. History can also mean the period of time after writing was invented.
      Sejarah (dari bahasa Yunani στορία - historia, yang berarti "penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh dari penyelidikan" ), Sejarah adalah studi tentang masa lalu manusia. Sejarah juga dapat berarti  waktu setelah  ditemukan tulisan.
2. Geschiedenis ( Bahasa Belanda )
      Geschiedenis verwijst in de eerste plaats naar de discipline die zich bezighoudt met de studie van chronologische ordening van gebeurtenissen, zich daarbij baserend op een kritisch onderzoek van bronnen. De bedoeling is inzicht te verkrijgen in culturen en volken uit het verleden. Geschiedenis in de ruime betekenis verwijst ook naar alles wat in het verleden heeft plaatsgevonden, dus ook alle fenomenen die verandering ondergaan, met of zonder de mens. Een voorbeeld is de geschiedenis van het universum.
      Sejarah merujuk terutama untuk disiplin yang berhubungan dengan studi kronologis kejadian, dengan penelitian kritis terhadap sumber. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi tentang budaya dan bangsa di masa lalu. Sejarah dalam arti luas juga mengacu pada apa pun di masa lalu telah terjadi, semua fenomena yang berubah drastis, dengan atau tanpa manusia. Salah satu contoh adalah sejarah alam semesta.
3. Geschichte ( Bahasa Jerman )
       Geschichte im allgemeinen Sinn bezeichnet alles, was geschehen ist. Im engeren Sinne ist Geschichte die Entwicklung der Menschheit, weshalb auch von Menschheitsgeschichte gesprochen wird (im Unterschied etwa zur Naturgeschichte). In diesem Zusammenhang wird Geschichte immer synonym mit Vergangenheit gebraucht. Daneben bedeutet Geschichte aber auch die Betrachtung der Vergangenheit im Gedenken, im Erzählen und in der Geschichtsschreibung.
      Sejarah dalam arti umum berarti apa-apa yang telah terjadi. Dalam arti sempit, sejarah berarti perkembangan manusia, dituturkan sangat baik  (sebagai lawan untuk beberapa sejarah alam). Dalam hal ini, sejarah selalu digunakan sinonim dengan masa lalu. Selain itu, sejarah juga berarti melihat masa lalu dalam memori, dalam narasi dan sejarah.
4. Kronik
    Kronik adalah catatan peristiwa menurut urutan waktu   kejadiannya.
5. Tarih
Dalam bahasa Arab, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan.
6. Kisah
     Cerita tentang masa lampau yang benar-benar terjadi, berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
7. Riwayat
      Cerita yang turun-temurun; uraian tentang segala sesuatu yg telah dialami (dijalankan) seseorang;
8. Tambo
      Tambo ; berasal dari bahasa sanskerta, tambay atau tambe yang artinya : bermulaIstilah zaman sekarang adalah asal usul sesuatu.
       Tambo merupakan kisah yang meriwayatkan tentang asal usul dan kejadian masa lalu yang terjadi di Minangkabau. Tambo bukan catatan sejarah yang harus dibuktikan dengan fakta-fakta yang akurat, tahun kejadian serta siapakah yang melakukan penemuan. Namun bila dikaitkan dengan suatu bukti keberadaan, maka bukti itu ada dan nyata. Tambo tidak memerlukan sistematika tertentu, sebagaimana halnya sejarah. Cara mengisahkannya disesuaikan dengan keperluan dan keadaan. Tambo bisa pula mengkisahkan sejarah bangsa lain.
9.  Hikayat
       Hikayat adalah salah satu bentuk sastra prosa yang berisi kisah atau cerita hasil dari buah pikiran imajinatif yang berisi nasehat dan tauladan yang baik.
Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama.
Sebuah hikayat dibacakan sebagai hiburan, pelipur lara atau untuk membangkitkan semangat juang.
10. Babad
         Babad adalah cerita rekaan yang berdasarkan peristiwa sejarah. Kata babad memiliki arti menebas dan merambah hutan, semak, dan belukar. Itulah sebabnya kemudian babad berkaitan dengan pembukaan tanah atau pembabadan hutan untuk dijadikan lahan pertanian dan pemukiman. Apabila daerah itu kemudian berkembang menjadi pusat pemukiman yang lebih luas dengan segala sarana dan prasarana, akan terbentuk suatu garis silsilah dari penguasa lahan itu turun-temurun. 
        Beberapa pakar sastra dan sejarah telah memberikan definisi babad. Menurut Hinzler, babad berarti garis hubung atau jaringan yang mengikat suatu kerabat dan keturunannya dengan latar belakang sejarah. Taufik Abdullah menyebut babad sebagai sejarah local, yang mengandung pengertian kisah kelampauan dari suatu masyarakat di wilayah geografi bertaraf local. Sasarannya adalah asal-usul, pertumbuhan, dan perkembangan kelompok masyarakat setempat.
11. Dongeng  
                  Adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.
12.  Sajaroh 
      Secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon , karena Sejarah  merupakan suatu silsilah seperti pohon dengan cabang-cabang dan ranting-rantingnya.
D. ASPEK SEJARAH          
1.        What ( apa )
Pada aspek ini sejarah berisi tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.
2.        Who ( siapa )
Pada aspek ini menunjuk  orang atau manusia yang menjadi pelaku dalam peristiwa yang terjadi.
3.        Where ( dimana )
Pada aspek ini sejarah menunjuk pada tempat dimana peristiwa itu terjadi.
4.        When ( kapan )
Pada aspek ini sejarah berisi tentang waktu , kapan peristiwa itu terjadi; misalnya jam, hari, tanggal , hari, bulan, tahun dan sebagainya.
5.        How ( bagaimana )
Pada aspek ini sejarah merupakan kronologi atau urutan peristiwa yang terjadi.
6.        Why ( mengapa )
Pada aspek ini sejarah menunjuk pada alasan mengapa peristiwa itu terjadi.

Comments

  1. Vint Ceramic Auto Sales | Tip Sheet
    This page describes the microtouch solo titanium types of auto sales made by tip sheet babyliss nano titanium flat iron vendors. The following 3 head titanium tennis racket brands titanium damascus knives use tipsheets: 3-tip-sheet- trekz titanium

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENERAPKAN SIKAP DAN PERILAKU KERJA PRESTATIF

MERUMUSKAN SOLUSI MASALAH

MENGANALISIS PELUANG USAHA