RPP MENGISI DANA KAS KECIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK AL – FALAH SONGGOM
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Mata pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI/
Ganjil
Pertemuan ke : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memproses
dokumentasi dana kas kecil
Kompetensi Dasar : Mengisi
dana kas kecil
Indikator : Mencatat jumlah pemakaian dana kas kecil
Mencatat
jumlah pengisian kembali dana kas kecil
I. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat mengenali dokumen pemakaian dana kas kecil
Peserta
didik dapat menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
Peserta
didik dapat menghitung mutasi dana kas kecil
Peserta
didik dapat mencatat mutasi dana kas kecil ke buku besar sesuai dengan metode
pencatatan
II. Materi Ajar (terlampir)
Dokumentasi/bukti
pemakaian dana kas kecil
Metode
pencatatan dana kas kecil
III. Metode Pembelajaran
Pendekatan
dan model pembelajaran :
Contextual
Teaching and Learning (CTL)/Explisit Instruction (Pengajaran Langsung)
Metode
Pembelajaran :
Ceramah,
Praktek Pengerjaan, Tanyajawab, Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal/Pendahuluan
Siswa
diberi pengarahan tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
-
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
-
Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
-
Membimbing pelatihan
-
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
-
Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
Kegiatan
Akhir/Penutup
Siswa
melakukan refleksi
Siswa
diminta membuat catatan penting dari kegiatan belajar
Siswa
diberi tugas
Berdoa
bersama-sama menurut agama dan kepercayaan masing-masing
V. Alat, Bahan dan Sumber
Belajar
Alat/Bahan
Pembelajaran :
Papan
Tulis,Laptob/Komputer, LCD, Spidol, Kertas,Kertas Transparan, Penghapus,
Sumber
Belajar :
Buku
Pelajaran Akuntansi Keuangan Tingkat 2, penyusun Drs. Hendi Somantri, penerbit
Armico, Bandung Tahun 1996.
VI. Penilaian
Soal,
Kunci Jawaban dan Norma Penilaian, terlampir
Mengetahui, Brebes, Juli
2013
Kepala SMK Al-
Falah Guru Mata Pelajaran
Witarto,
M.Pd Witarto, M.Pd
Comments
Post a Comment