Selasa, 18 Juni 2013

RPP MENGELOLA ADMINISTRASI BANK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank
Alokasi Waktu             : 8 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
-      Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kas bank tersedia
-      Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
-      Siswa mampu menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank secara lengkap
-      Siswa mampu menguraikan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas bank.

III.     MATERI POKOK
1.  Pengertian Kas
2.  Kelengkapan dalam pengelolaan kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
-          Salam dan Presensi
-          Guru memberikan gambaran tentang pengertian kas
-          Guru bertanya kepada siswa apa saja yang bisa digolongkan sebagai kas
2.      Kegiatan Inti
-          Guru menerangkan tentang pengertian kas
-          Siswa mengklaji referensi tentang pengertian kas dan penggolongannya
-          Siswa diminta menjelaskan tentang pengertian kas dan penggolongannya
-          Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang pengertian kas dan penggolongannya.
PERTMENUAN 2
1.      Kegiatan Awal
-          Salam dan Presensi
-          Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian kas dan penggolongannya 
-          Guru dan siswa mengulas kembali materi pertemuan 1
-          Guru memberikan gambaran tentang kelengkapan dalam pengelolaan kas
2.      Kegiatan Inti
-     Guru menerangkan tentang kelengkapan dalam pengelolaan kas
-     Siswa mengklaji referensi tentang kelengkapan dalam pengelolaan kas
-     Siswa diminta menjelaskan tentang kelengkapan dalam pengelolaan kas
-     Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang kelengkapan dalam pengelolaan kas

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
-          Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
-          Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
-          Lembar Kerja Siswa
-          Referensi yang relevan
Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 02
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank
Alokasi Waktu                         : 8 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
a.       Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kas bank tersedia
b.      Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
a.      Siswa mampu menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank secara lengkap
b.      Siswa mampu menguraikan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas bank.

III.     MATERI POKOK
Prosedur Penerimaan Kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
-      Salam dan Presensi
-      Guru dan siswa mengulas kembali kelengkapan dalam pengelolaan kas
-      Guru memberikan gambaran tentang prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai
2.      Kegiatan Inti
-   Guru menerangkan tentang pengertian kas
-   Siswa mengklaji referensi tentang prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai
-   Siswa diminta menjelaskan tentang prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai
-   Guru dan siswa bertukar informasi prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai.
PERTMENUAN 2
1.      Kegiatan Awal
-   Salam dan Presensi
-   Guru bertanya kepada siswa tentang prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai   
-   Guru dan siswa mengulas kembali materi pertemuan 1
-   Guru memberikan gambaran tentang prosedur penerimaan kas dari piutang
2.      Kegiatan Inti
-   Guru menerangkan tentang prosedur penerimaan kas dari piutang
-   Siswa mengklaji referensi tentang prosedur penerimaan kas dari piutang
-   Siswa diminta menjelaskan tentang prosedur penerimaan kas dari piutang
-   Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3.        Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur penerimaan kas dari piutang

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan

Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   


Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 03
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi mutasi kas bank
Alokasi Waktu                         : 4 Jam @ 45 Menit


I.           INDIKATOR
a.       Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kas bank tersedia
b.      Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menyiapkan pengelolaan administrasi kas bank

III.     MATERI POKOK
Prosedur pengeluaran kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru dan siswa mengulas kembali prosedur penerimaan kas dari piutang
- Guru memberikan gambaran tentang prosedur pengeluaran kas  
2.      Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang prosedur pengeluaran kas
- Siswa mengklaji referensi tentang prosedur pengeluaran kas
- Siswa diminta menjelaskan tentang prosedur pengeluaran kas
- Guru dan siswa bertukar informasi prosedur pengeluaran kas
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur pengeluaran kas.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan



Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 04
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Mutasi Kas Bank  
Alokasi Waktu              : 4 Jam @ 45 Menit

I.       INDIKATOR
-      Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia
-      Bukti penerimaan kas bank teridentifikasi
-      Bukti pengeluaran kas bak teridentifikasi
-   Jumlah penerimaan dan pengeluaran kas bank untuk setiap transaksi diidentifikasi dengan benar

II.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengidentifikasi mutasi kas bank

III.     MATERI POKOK
Mutasi kas bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
-          Salam dan Presensi
-          Guru memberikan gambaran tentang mutasi kas bank
2.       Kegiatan Inti
-          Guru menerangkan tentang mutasi kas bank  
-          Siswa mengklaji referensi tentang mutasi kas bank 
-          Siswa diminta menjelaskan tentang mutasi kas bank 
-          Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3.       Kegiatan Akhir
     Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang mutasi kas bank  .

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
-          Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
-          Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
-          Lembar Kerja Siswa
-          Referensi yang relevan




Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 05
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Mutasi Kas Bank  
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.       INDIKATOR
-      Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia
-      Bukti penerimaan kas bank teridentifikasi
-      Bukti pengeluaran kas bak teridentifikasi
-   Jumlah penerimaan dan pengeluaran kas bank untuk setiap transaksi diidentifikasi dengan benar

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengidentifikasi dokumen penerimaan kas bank  

III.     MATERI POKOK
Dokumen Penerimaan Kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang Dokumen Penerimaan Kas  
2.        Kegiatan Inti
-      Guru menerangkan tentang Dokumen Penerimaan Kas 
-      Siswa mengklaji referensi tentang Dokumen Penerimaan Kas  
-      Siswa diminta menjelaskan tentang Dokumen Penerimaan Kas  
-      Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3.                Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang Dokumen Penerimaan Kas.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
-          Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
-          Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
-          Lembar Kerja Siswa
-          Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 06
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Mutasi Kas Bank  
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
-          Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia
-          Bukti penerimaan kas bank teridentifikasi
-          Bukti pengeluaran kas bak teridentifikasi
-          Jumlah penerimaan dan pengeluaran kas bank untuk setiap transaksi diidentifikasi dengan benar

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
-      Siswa mampu mengidentifikasi dokumen pengeluaran kas

III.     MATERI POKOK
Dokumen Pengeluaran kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
-      Salam dan Presensi
-  Guru memberikan gambaran tentang Dokumen Pengeluaran Kas   
2.      Kegiatan Inti
-      Guru menerangkan tentang Dokumen Pengeluaran Kas 
-      Siswa mengklaji referensi tentang Dokumen Pengeluaran Kas  
-      Siswa diminta menjelaskan tentang Dokumen Pengeluaran Kas 
-      Guru dan siswa bertukar informasi melalui forum tanya jawab
3         Kegiatan Akhir
     Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang Dokumen Pengeluaran Kas.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
-          Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
-          Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
-          Lembar Kerja Siswa
-          Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


No                               : 07
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Membukukan mutasi kas bank   
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
- Data transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank tersedia
- Bukti penerimaan kas bank teridentifikasi
- Bukti pengeluaran kas bak teridentifikasi
- Jumlah penerimaan dan pengeluaran kas bank untuk setiap transaksi diidentifikasi dengan benar

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengidentifikasi mutasi kas bank 

III.     MATERI POKOK
Prosedur Pencatatan Mutasi Kas Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
-  Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank    
3.      Kegiatan Inti
v Guru menerangkan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank
v Guru memberikan contoh pencatatan mutasi kas bank  
V.                 Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank.

VI.      PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VII.   SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 08
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Membukukan mutasi kas bank   
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
v  Bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank dibukukan dengan benar
v  Jumlah penerimaan dan pengeluara kas bank untuk setiap transaksi dibukukan dengan benar
v  Hasil mutasi data penerimaan dan pengeluaran kas bank teridentifikasi 


II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
v Siswa mampu membukukan mutasi kas bank dengan teliti dan rapi
v Siswa mampu mengidentifikasi dokumen mutasi kas bank
v Siswa mampu menguraikan prosedur pencatatan mutasi kas bank
v Siswa mampu membukukan mutasi kas bank

III.     MATERI POKOK
Prosedur Pencatatan Mutasi Kas Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank    
2.      Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank
- Guru memberikan contoh pencatatan mutasi kas bank  
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v   Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v   Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v   Lembar Kerja Siswa
v   Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 09
Nama Sekolah              : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Membukukan mutasi kas bank   
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
a.       Bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank dibukukan dengan benar
b.      Jumlah penerimaan dan pengeluara kas bank untuk setiap transaksi dibukukan dengan benar
c.       Hasil mutasi data penerimaan dan pengeluaran kas bank teridentifikasi 

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Siswa mampu membukukan mutasi kas bank dengan teliti dan rapi
b.      Siswa mampu mengidentifikasi dokumen mutasi kas bank
c.       Siswa mampu menguraikan prosedur pencatatan mutasi kas bank
d.      Siswa mampu membukukan mutasi kas bank

III.     MATERI POKOK
Prosedur Pencatatan Mutasi Kas Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank    
2.      Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank
- Guru memberikan contoh pencatatan mutasi kas bank  
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   



Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 10
Nama Sekolah              : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Membukukan mutasi kas bank   
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.       INDIKATOR
a.       Bukti penerimaan dan pengeluaran kas bank dibukukan dengan benar
b.      Jumlah penerimaan dan pengeluara kas bank untuk setiap transaksi dibukukan dengan benar
c.       Hasil mutasi data penerimaan dan pengeluaran kas bank teridentifikasi 

II.    TUJUAN PEMBELAJARAN
a.   Siswa mampu membukukan mutasi kas bank dengan teliti dan rapi
b.  Siswa mampu mengidentifikasi dokumen mutasi kas bank
c.   Siswa mampu menguraikan prosedur pencatatan mutasi kas bank
d.  Siswa mampu membukukan mutasi kas bank

III.     MATERI POKOK
Prosedur Pencatatan Mutasi Kas Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank    
2.      Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank
- Guru memberikan contoh pencatatan mutasi kas bank  
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang prosedur pencatatan mutasi kas bank.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   




Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 11
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyusun Rekonsiliasi Bank    
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.       INDIKATOR
-          Data pendukung rekonsiliasi bank tersedia
-          Laporan rekening koran bank dan catatan perusahaan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan
-          Selisih antara rekenig Koran bank dan catatan perusahaan teridentifikasi
-          Laporan rekonsiliasi bank tersajikan

II.    TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Siswa mampu membuat rekonsiliasi bank sesuai bentuk yang digunakan dengan teliti dan cermat  
-          Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk rekonsiliasi bank  
-          Siswa mampu menghitung selisih kas bank  
-          Siswa mampu menyusun laporan rekonsiliasi bank  

III.     MATERI POKOK
Hubungan Rekening Koran dengan Akun Kas

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang Hubungan Rekening Koran dengan Akun Kas
2.      Kegiatan Inti
Guru menerangkan tentang Hubungan Rekening Koran dengan Akun Kas
3.  Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang Hubungan Rekening Koran dengan Akun Kas.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
-          Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
-          Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
-          Lembar Kerja Siswa
-          Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   




Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 12
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyusun Rekonsiliasi Bank    
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
v   Data pendukung rekonsiliasi bank tersedia
v   Laporan rekening koran bank dan catatan perusahaan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan
v   Selisih antara rekenig Koran bank dan catatan perusahaan teridentifikasi
v   Laporan rekonsiliasi bank tersajikan

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
§  Siswa mampu membuat rekonsiliasi bank sesuai bentuk yang digunakan dengan teliti dan cermat 
§  Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk rekonsiliasi bank 
§  Siswa mampu menghitung selisih kas bank 
§  Siswa mampu menyusun laporan rekonsiliasi bank 

III.     MATERI POKOK
Tujuan dan Bentuk Rekonsiliasi Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang Tujuan dan Bentuk Rekonsiliasi Bank
2.      Kegiatan Inti
Guru menerangkan tentang Tujuan dan Bentuk Rekonsiliasi Bank
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang Tujuan dan Bentuk Rekonsiliasi Bank.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v Lembar Kerja Siswa
v Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   


Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 13
Nama Sekolah              : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyusun Rekonsiliasi Bank    
Alokasi Waktu             : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
o   Data pendukung rekonsiliasi bank tersedia
o   Laporan rekening koran bank dan catatan perusahaan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan
o   Selisih antara rekenig Koran bank dan catatan perusahaan teridentifikasi
o   Laporan rekonsiliasi bank tersajikan

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
a.   Siswa mampu membuat rekonsiliasi bank sesuai bentuk yang digunakan dengan teliti dan cermat 
b.  Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk rekonsiliasi bank 
c.   Siswa mampu menghitung selisih kas bank 
d.  Siswa mampu menyusun laporan rekonsiliasi bank 

III.     MATERI POKOK
Selisih Kas Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang Selisih Kas Bank
2.        Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang Selisih Kas Bank
- Guru memberikan contoh penghitungan Selisih Kas Bank
3.      Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang Selisih Kas Bank.

V.         PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VI.      SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   




Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No                               : 14
Nama Sekolah            : SMK AL FALAH SONGGOM
Mata Pelajaran             : Produktif Akuntansi
Kelas / Semester          : XI / 1
Standar Kompetensi     : Mengelola Administrasi Kas Bank
Kompetensi Dasar       : Menyusun Rekonsiliasi Bank    
Alokasi Waktu                         : 4 Jam @ 45 Menit

I.           INDIKATOR
o   Data pendukung rekonsiliasi bank tersedia
o   Laporan rekening koran bank dan catatan perusahaan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan
o   Selisih antara rekenig Koran bank dan catatan perusahaan teridentifikasi
o   Laporan rekonsiliasi bank tersajikan

II.        TUJUAN PEMBELAJARAN
v  Siswa mampu membuat rekonsiliasi bank sesuai bentuk yang digunakan dengan teliti dan cermat 
v  Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk rekonsiliasi bank 
v  Siswa mampu menghitung selisih kas bank 
v  Siswa mampu menyusun laporan rekonsiliasi bank 

III.     MATERI POKOK
Meyusun Laporan Rekonsiliasi Bank

IV.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.      Kegiatan Awal
- Salam dan Presensi
- Guru memberikan gambaran tentang tata cara penyusunan laporan rekonsiliasi bank
2.      Kegiatan Inti
- Guru menerangkan tentang penyusunan laporan rekonsiliasi bank
- Guru memberikan contoh penyusunan laporan rekonsiliasi bank
V.         Kegiatan Akhir
Guru dan siswa merumuskan kesimpulan tentang penyusunan laporan rekonsiliasi bank.

VI.      PENILAIAN
- Jenis Tagihan     : Kuis, responsi, tugas individu, tugas kelompok

VII.   SUMBER BAHAN
v  Buku Akuntansi untuk SMK / MAK kelas XI, Arya Duta
v  Memahami Akuntansi SMK Sesi B, Armico
v  Lembar Kerja Siswa
v  Referensi yang relevan





Brebes,       Juli  2013
Mengetahui                                          Guru Mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                   




Witarto, M.Pd                                      Witarto, M.Pd

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar