Kamis, 09 Agustus 2012

VISI DAN MISI PERUSAHAAN


VISI DAN MISI PERUSAHAAN


1. Pengertian Visi dan Misi Perusahaan
  1. Visi Perusahaan
Setiap organisasi atau perusahaan tentu memiliki visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai. Perencanaan usaha tidak terlepas dari visi, misi, dan tujuan. Visi merupakan bentuk jawaban dari apa yang dilakukan sekarang, yaitu suatu keinginan perusahaan kelak dan apa yang ingin dicapai menurut cita-cita perusahaan sebagai gambaran masa depan yang akan dipilih dan diwujudkan pada saat yang ditentukan dalam perencanaan perusahaan.
            Bagi organiasi maupun perusahaan visi memegang peranan yang sangat penting karena visi itu akan memberikan tenaga penggerak dan selalu dapat memberikan atau menciptakan gagasan atau loncatan peluang baru untuk dilaksanakan sehingga dapat melahirkan suatu perubahan atau dinamika perusahaan kearah yang lebih baik.
Bagi perusahaan penetapan visi bertujuan untuk :
1.      Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai organisasi atau perusahaan
2.      Memiliki orientasi pada masa depan organisasi atau perusahaan.
3.      Menimbulkan komitmen tinggi dan seluruh jajaran dan lingkungan organisasi atau perusahaan
4.      Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi atau perusahaan.
Agar visi lebih bermakna bagi organisasi atau perusahaan, maka dalam penetapan visi sebaiknya memperhatikan criteria sebagai berikut :
1.      Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi
2.      Dapat dikominikasikan dan dipahami oleh seluruh jajaran organisasi atau perusahaan
3.      Berwawasan jangka panjang.
4.      Memiliki nilai yang mungkin memang diinginkan oleh anggota organisasi atau perusahaan
5.      Terpusat pada organisasi atau perusahaan agar dapat beroperasi.
  1. Misi
Misi adalah tindakan atau pengarahan langkah untuk merealisasikan visi. Misi berfungsi sebagai upaya mewujudkan cita-cita landasan kerja yang harus diikuti, didukung dan dilaksanakan.
Perumusan misi dalam organisasi atau perusahaan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.      Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan, misalnya pegawai perusahaan, masyarakat, mitra kerja, akdemisi, dan birokrasi.
2.      Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada agar memungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatan dengan lebih baik dan biaya efisien.
3.      Menilai lingkungan yang berfungsi untuk menentukan apakah misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal maupun eksternal.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan misi perusahaan antara lain ;
1.      Produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
2.      Kualitas produk/jasa yang dibutuhakn masyarakat
3.      Produk/jasa yang dibutuhkan masyarakat
4.      Calon konsumen yang akan dilayani.
  1. Pengembangan Visi dan Misi
Sesuai dengan penjabaran diatas bahwa visi dan misi adalah berbeda. Perbedaan visi dan misi secara sedarhana adalah :
Keterangan
Penjabaran Perbedaan
VISI

MISI
-          seperti apa kondisi masa depan dengan menjalankan misi.
-          Apa yang ingin dicapai sesuai dengan cita-cita
-          Strategi bisnis yang terbaik untuk dilakukan setiap hari.
-          Jawaban dari sebuah Visi yang dilakukan oleh perusahaan.
Misi yang baik hendaknya merupakan jawaban atas tiga pertanyaan berikut ini :
1.      Apa yang dilakukan?
Pertanyaan ini bukan hanya menjawab tentang apa yang akan ditawarkan oleh organisasi atau perusahaan secara fisik kepada para pelanggan tetapi sebuah bukti nyata tindakan yang bertujuan untuk memnuhi kebutuhan yang ingin dicapai oleh pelanggan dalam membeli produk/jasa yang ditawarkan. Sebagaimana diketahiu bahwa keputusan membeli dari pelanggan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, para pelanggan banyak memiliki alasan seperti pertimbangan ekonomi, logistik atau faktor emosi. Oleh karena itu dalam mengembangkan visi selain melalui wujud fisik produk dapat juga pada faktor non fisik seperti : faktor ekonomi, emosi, psikologis, servis garansi dan lain-lain.
2.      Bagaimana malakukannya?
Pertanyaan ini lebih mengacu pada bentuk pemberian pelayanan yang baik pada pelanggan, sebagaimana telah diketahui bahwa pelayanan yang baik akan memberikan kesan yang dalam kepada pelanggan. Pelayanan prima merupakan bentuk ideal dalam memberikan pelayanan, baik saat pelanggan akan membeli suatu produk sampai pada pelayanan purna jual atau pemberian garansi dan servis terhadap produk yang dijual, sehingga pelanggan akan terpuaskan dengan membeli produk tersebut.
3.      Untuk siapa melakukanya?
Pertanyaan ini sangat berkaitan dengan sasaran dari produk yang ditawarkan, kepada siapakah produk itu akan ditawarkan, kelompokmkonsumen yang mana yang akan menjadi sasaran pemasaran dan pada tingkat harga yang bagaimana produk itu harus ditawarkan dan lain-lain. Dalam hal ini sangt diperlukan segmentasi dan penetapan demografi konsumen atau pelanggan, sehingga pada akhirnya nanti dalam penyusunan misi yang diambil akan sesuai dengan konsumen yang dituju secara global dan menyeluruj.
Dalam perkembangan dunia usaha sekarang ini, sering terjadi perubahan-perubahan yang tidak apat diperkirakan dan hal ini menurut para wirausaha atau pemilik perusahaan untuk tidak hanya terpaku pada misi yang telah dicanangkan, akan tetapi sebaiknya pemilik perusahaan atau wirausaha mau melakukan perubahan dan membuat suatu misi yang relaistis dan dapat disesuaikan denagn perubahan yang ada.

ULANGAN HARIAN

I.       Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar!
1.      Visi perusahaan meliputi….
a.       Sasaran yang terinci
b.      Sasaran yang spesifik
c.       Sasaran yang lebih terarah
d.      Sasaran yang luas
e.       Sasaran tak luas
 2.      Misi perusahaan meliputi….
a.       Sasaran yang terinci
b.      Sasaran yang spesifik
c.       Sasaran yang lebih terarah
d.      Sasaran yang luas
e.       Sasaran tak luas
 3.      Tujuan perusahaan meliputi….
a.       Sasaran yang lebih luas dan spesifik
b.      Sasaran terinci yang lebih spesifik
c.       Sasaran yang luas dan terarah
d.      Sasarn yang luas dan terarah
e.       Sasaran yang terarah spesifik
 4.      Sasaran luas dari suatu perusahaan terkandung dalam pernyataan….
a.       Visi
b.      Misi
c.       Tujuan
d.      Sasaran
e.       Jawaban a, b, c, dan d tidak benar
 5.      Sasaran rinci perusahaan yang lebih spesifik terkandung dalam….
a.       Visi
b.      Misi
c.       Tujuan
d.      Sasaran
e.       Jawaban a, b, c, dan d tidak benar
II.    Essai
1.      Apa yang dimaksud dengan visi organisasi/ perusahaan?
2.      Sebutkan perbedaan antara visi dan misi perusahaan!
3.      Apakah yang dimaksud dengan misi perusahaan?
4.      Apakah yang dimaksud dengan tujuan perusahaan?
5.      Gambarkan visi, misi perusahaan berdasarkan keluasan sasarannya!

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar