Selasa, 18 Juni 2013

RPP TUJUAN DAN SASARAN USAHA


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)
NO. 1

Mata Pelajaran                  :  Kewirausahaan
Kelas / Semester                :  XI/II
Alokasi Waktu                  :   2  x 45 menit.
Pokok Bahasan                 :  Tujuan dan Sasaran Usaha
Pertemuan ke                    :  1 (satu)

1.      Standar Kompetensi
Merencanakan Usaha  kecil
2.      Kompetensi Dasar
       Menganalisis aspek perencanaan usaha
3.      Indikator
Siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian Tujuan usaha
2.      Menjelaskan sasaran usaha
4.      Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat merumuskan sasaran usaha
b.      Siswa dapat merumuskan tujuan usaha
c.       Siswa mampu memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencapai sasaran usaha
d.      Dengan menggunakan Contectual Teaching and Learning dan penugasan soal, siswa dapat mengerti dalam merumuskan sasaran usaha
 5.      Materi dan Uraian Materi
1.   Merumuskan Sasaran Usaha

Pengelolaan usaha dapat dilakukan apabila wirausaha sebelumnya mampu merumusakan sasaran usaha. Setiap usaha memiliki tujuan yang ingin dicapai. Ada tujuan utama dan bulkan utama. Tujuan utama usaha dirinci dari yang lebih kecil lagi, inilah yang disebut sebagai sasaran usaha. Jadi sasaran usaha adalah penjabaran dari tujuan usaha yang akan dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Agar sasaran usaha dapat dicapai secara efektif dan efisien, maka sasaran perusahaan harus dibuat secara spesifik, teratur, jelas kriterianya dan disertai indicator yang lebih rinci. Untuk memudahkan dalam mencapai sasaran usaha, maka perusahaan telah memiliki hal-hal sebagai berikut :
1.      SDM
2.      Sumber daya keuangan
3.      Kemampuan menghasilkan laba
4.      Kedudukan pasar
5.      Sarana kerja
6.      Pengembangan usaha
7.      Tanggung jawab rasional
2.   Merumuskan Tujuan Usaha
Setiap usaha yang didirikan mempunyai tujuan yang jelas, yaitu hal – hal yang ingin dicapai atau dipelihara, baik berupa materi maupun non materi dengan satu atau lebih kegiatan. Tujuan dibentuk sebagai pedoman dalam mengeloal sebagai bentuk usaha, dijadikan dasar dalam membuat rencana kerja dari usaha tersebut.
Tujuan usaha menjadi jelas maka setiap usaha/perusahaan harus mempunyai visi dan visi. Visi perusahaan adalah pandangan jauh kedepan, kemana perusahaan akan dibawa. Visi perusahaan menunjukan ideal yang ingin dicapai (realita, meyakinkan serta mengandung daya tarik). Adapun tujuan penetapan visi adalah :
1.         Mencerminkan sesuatu yang ingin dicapai oleh perusahaan
2.         Memiliki orentiasi pada masa depan perusahaan
3.         Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran perusahaan
4.         Memberi arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
Misi perusahaan adalah tingkatan untuk mewujudkan visi perusahaan, setiap usaha / perusahaan harus mempunayai misi yang jelas arahnya. Misi perusahaan akan menjelaskan mengapa perusahaan itu harus ada, apa yang akan dilakukan dan bagaimana caranya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam merumuska misi, yaitu :
1.      Produk / jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen
2.      Kualits produk / jasa yang dikehendakimoleh konsumen
3.      Produk dan pelayana jasa yang dibutuhkan mayarakat
4.      Masyarakat yang akan dilayani
Tujuan perusahaan merupakan penjabaran visi dan misi perusahaan tersebuttujuan perusahaan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dapt dikatakan sebagai target yang bersifat kuatitatif. Pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan.
6.      Metode dan Pendekatan
a.     Metode                   : Ekspektorik, Tanya jawab, Diskusi, dan penugasan
b.     Pendekatan             : Contectual Teaching and Learning
7.      Sumber, Bahan, dan Alat
a.       Sumber:
1.   Buku kewirausahaan untuk SMK tingkat 2, Mardiyanto, Yudhistira, Jakarta.
2.   Modal kewirausahaan 19. Merencanakan usaha.
3.   Koran, Majalah, Klipping, Lingkungan Usaha
b.      Bahan dan Alat
Buku siswa, buku guru, LKS, dan alat tulis menulis.
8.      Langkah – langkah Pembelajaran
Wkt

Metode Pembelajaran / Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Alat/ Bahan/ Sumber
10’
Fase 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa


a.   Menginformasikan tujuan pembelajaran dan mempersilahkan siswa mengkomentarinya
b.   Memberikan motivasi mengenai pentingnya sasaran dan tujuan usaha
c.   Mengajak siswa untuk menyelesaikan soal prasyarat yang terdapat pada buku siswa
a.       Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai
b.      Melibatkan diri secara aktif dalam proses tanya jawab
c.       Menyelesaikan soal-soal prasyarat yang terdapat pada buku siswa
-     Buku guru
-     Buku siswa
-     LKS 1
-     Alat tulis menulis
20’
Fase 2: Menyajikan informasi


a.   Review dan presentasi materi dengan pembelajaran tentang sasaran dan tujuan usaha 
b.   Memberikan beberapa contoh pembahasan yang berkaitan sasaran dan tujuan usaha
a.   Memperhatikan dengan cermat penjelasan guru
b.   Melibatkan diri secara aktif untuk menanggapi penjelasan guru
-     Buku guru
-     Buku siswa
-     LKS 1
-     Alat tulis menulis
5’
Fase 3: Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar


a.   Membagi siswa dalam kelas kooperatif yang beranggota-kan 4 – 5 orang secara heterogen
b.   Menjelaskan prosedur kerja kelompok dan pengaturan waktu dengan pembelajran Contectual Teaching and Learning
a.   Memperhatikan dengan cermat apa yang disampaikan guru
b.   Berkoordinasi secara sederhana dengan teman satu kelompok


Fase 4: Membimbing kelompok untuk belajar dan bekerja

40’
a.  Memberikan penugasan soal untuk dikerjakan dalam diskusi kelompok dengan Contectual Teaching and Learning (Soal penugasan dapat dilihat di LKS 1 atau buku siswa)
b.  Memberikan bimbingan kelompok untuk belajar dan bekerja secara bergantian sekaligus mengamati proses diskusi yang sedang berlangsung.

Melaksanakan diskusi ke-lompok dengan Contectual Teaching and Learning dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-     Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk membahas soal diskusi yang telah tersedia (20’)
-     Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain.
-     Dua orang yang tinggal dalam kelompok ber-tugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka (15’)
-     Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
-     Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
-     Membuat laporan (10’)
Buku guru
Buku siswa
LKS 1
10’
Fase 5: Evaluasi



Meminta salah satu kelompok yang paling siap untuk mempresentasikan hasil diskusinya
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi, sedang kelompok yang lain memperhatikan sungguh-sungguh

5’
Fase 6: Memberikan penghargaan (reward)


Memberikan reward dalam bentuk nilai dan pujian. Pujian diberikan terhadap kelompok yang dapat menyelesaikan dengan baik. Bagi yang belum, diberikan dorongan untuk memperbaikinya.
Memperhatikan penilaian hasil kerja kooperatif.

9.      Penilaian  (Instrumen Soal, terlampir)
(1)  Penilaian Proses
a.       Penilaian dilakukan selama proses belajar mengajar, lebih ditekankan pada penilaian aktivitas dan keterampilan proses siswa.
b.       Penilaian menggunakan LPAS dan LPKS.
(2)  Penilaian Akhir
Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar, diberikan dalam bentuk penilaian hasil kerja kelompok dan presentasi.
Mengetahui :                                                   Brebes,   juli   2012       
Kepala Sekolah,                                              Guru Mapel,                               


Witarto, M.Pd                                                 Nur Aeni Pamungkas, S.Pd



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar