VISI DAN MISI PERUSAHAAN
VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1. Pengertian Visi dan Misi
Perusahaan
- Visi Perusahaan
Setiap organisasi atau perusahaan tentu memiliki visi, misi
dan tujuan yang ingin dicapai. Perencanaan usaha tidak terlepas dari visi,
misi, dan tujuan. Visi merupakan bentuk jawaban dari apa yang dilakukan
sekarang, yaitu suatu keinginan perusahaan kelak dan apa yang ingin dicapai
menurut cita-cita perusahaan sebagai gambaran masa depan yang akan dipilih dan
diwujudkan pada saat yang ditentukan dalam perencanaan perusahaan.
Bagi organiasi maupun perusahaan
visi memegang peranan yang sangat penting karena visi itu akan memberikan
tenaga penggerak dan selalu dapat memberikan atau menciptakan gagasan atau
loncatan peluang baru untuk dilaksanakan sehingga dapat melahirkan suatu perubahan
atau dinamika perusahaan kearah yang lebih baik.
Bagi
perusahaan penetapan visi bertujuan untuk :
1.
Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai organisasi atau
perusahaan
2.
Memiliki orientasi pada masa depan organisasi atau
perusahaan.
3.
Menimbulkan komitmen tinggi dan seluruh jajaran dan
lingkungan organisasi atau perusahaan
4.
Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi atau
perusahaan.
Agar visi lebih bermakna bagi organisasi atau perusahaan,
maka dalam penetapan visi sebaiknya memperhatikan criteria sebagai berikut :
1.
Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi
2.
Dapat dikominikasikan dan dipahami oleh seluruh jajaran
organisasi atau perusahaan
3.
Berwawasan jangka panjang.
4.
Memiliki nilai yang mungkin memang diinginkan oleh
anggota organisasi atau perusahaan
5.
Terpusat pada organisasi atau perusahaan agar dapat
beroperasi.
- Misi
Misi adalah tindakan atau pengarahan langkah untuk
merealisasikan visi. Misi berfungsi sebagai upaya mewujudkan cita-cita landasan
kerja yang harus diikuti, didukung dan dilaksanakan.
Perumusan
misi dalam organisasi atau perusahaan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.
Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan, misalnya
pegawai perusahaan, masyarakat, mitra kerja, akdemisi, dan birokrasi.
2.
Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya
yang ada agar memungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatan dengan lebih baik
dan biaya efisien.
3.
Menilai lingkungan yang berfungsi untuk menentukan
apakah misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal maupun
eksternal.
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan misi perusahaan antara lain ;
1.
Produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
2.
Kualitas produk/jasa yang dibutuhakn masyarakat
3.
Produk/jasa yang dibutuhkan masyarakat
4.
Calon konsumen yang akan dilayani.
- Pengembangan Visi dan Misi
Sesuai dengan penjabaran diatas bahwa visi dan misi adalah
berbeda. Perbedaan visi dan misi secara sedarhana adalah :
Keterangan
|
Penjabaran
Perbedaan
|
VISI
MISI
|
-
seperti apa kondisi masa depan dengan menjalankan
misi.
-
Apa yang ingin dicapai sesuai dengan cita-cita
-
Strategi bisnis yang terbaik untuk dilakukan setiap
hari.
-
Jawaban dari sebuah Visi yang dilakukan oleh
perusahaan.
|
Misi
yang baik hendaknya merupakan jawaban atas tiga pertanyaan berikut ini :
1.
Apa yang dilakukan?
Pertanyaan ini bukan hanya menjawab tentang apa yang akan ditawarkan oleh
organisasi atau perusahaan secara fisik kepada para pelanggan tetapi sebuah
bukti nyata tindakan yang bertujuan untuk memnuhi kebutuhan yang ingin dicapai
oleh pelanggan dalam membeli produk/jasa yang ditawarkan. Sebagaimana diketahiu
bahwa keputusan membeli dari pelanggan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
para pelanggan banyak memiliki alasan seperti pertimbangan ekonomi, logistik
atau faktor emosi. Oleh karena itu dalam mengembangkan visi selain melalui
wujud fisik produk dapat juga pada faktor non fisik seperti : faktor ekonomi,
emosi, psikologis, servis garansi dan lain-lain.
2.
Bagaimana malakukannya?
Pertanyaan ini lebih mengacu pada bentuk pemberian pelayanan yang baik
pada pelanggan, sebagaimana telah diketahui bahwa pelayanan yang baik akan
memberikan kesan yang dalam kepada pelanggan. Pelayanan prima merupakan bentuk
ideal dalam memberikan pelayanan, baik saat pelanggan akan membeli suatu produk
sampai pada pelayanan purna jual atau pemberian garansi dan servis terhadap
produk yang dijual, sehingga pelanggan akan terpuaskan dengan membeli produk
tersebut.
3.
Untuk siapa melakukanya?
Pertanyaan ini sangat berkaitan dengan sasaran dari produk yang
ditawarkan, kepada siapakah produk itu akan ditawarkan, kelompokmkonsumen yang
mana yang akan menjadi sasaran pemasaran dan pada tingkat harga yang bagaimana
produk itu harus ditawarkan dan lain-lain. Dalam hal ini sangt diperlukan
segmentasi dan penetapan demografi konsumen atau pelanggan, sehingga pada
akhirnya nanti dalam penyusunan misi yang diambil akan sesuai dengan konsumen
yang dituju secara global dan menyeluruj.
Dalam perkembangan dunia usaha sekarang ini, sering
terjadi perubahan-perubahan yang tidak apat diperkirakan dan hal ini menurut
para wirausaha atau pemilik perusahaan untuk tidak hanya terpaku pada misi yang
telah dicanangkan, akan tetapi sebaiknya pemilik perusahaan atau wirausaha mau
melakukan perubahan dan membuat suatu misi yang relaistis dan dapat disesuaikan
denagn perubahan yang ada.
ULANGAN HARIAN
I.
Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d atau e
pada jawaban yang paling benar!
1. Visi perusahaan meliputi….
a.
Sasaran
yang terinci
b.
Sasaran
yang spesifik
c.
Sasaran
yang lebih terarah
d.
Sasaran
yang luas
e.
Sasaran
tak luas
2. Misi perusahaan meliputi….
a.
Sasaran
yang terinci
b.
Sasaran
yang spesifik
c.
Sasaran
yang lebih terarah
d.
Sasaran
yang luas
e.
Sasaran
tak luas
3. Tujuan perusahaan meliputi….
a.
Sasaran
yang lebih luas dan spesifik
b.
Sasaran
terinci yang lebih spesifik
c.
Sasaran
yang luas dan terarah
d.
Sasarn
yang luas dan terarah
e.
Sasaran
yang terarah spesifik
4. Sasaran luas dari suatu perusahaan terkandung
dalam pernyataan….
a.
Visi
b.
Misi
c.
Tujuan
d.
Sasaran
e.
Jawaban
a, b, c, dan d tidak benar
5. Sasaran rinci perusahaan yang lebih spesifik
terkandung dalam….
a.
Visi
b.
Misi
c.
Tujuan
d.
Sasaran
e.
Jawaban
a, b, c, dan d tidak benar
II.
Essai
1.
Apa yang
dimaksud dengan visi organisasi/ perusahaan?
2.
Sebutkan
perbedaan antara visi dan misi perusahaan!
3.
Apakah
yang dimaksud dengan misi perusahaan?
4.
Apakah
yang dimaksud dengan tujuan perusahaan?
5.
Gambarkan
visi, misi perusahaan berdasarkan keluasan sasarannya!
Comments
Post a Comment